logo 1

 MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TANJUNG SELOR

Dirgahayu Pengadilan Agama Tanjung Selor

Dirgahayu Pengadilan Agama Tanjung Selor Ke-53
Dirgahayu Pengadilan Agama Tanjung Selor

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana
Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

JADWAL SIDANG

jwdl sdngPengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak berperkara.

INFORMASI PERKARA

sippabcMelalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

DIREKTORI PUTUSAN

put dirPublikasi putusan sebagai bentuk keterbukaan informasi dan layanan kepada masyarakat dalam mengakses putusan.

BIAYA PERKARA

pnjrEstimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Ikuti Pameran Laporan Tahunan, Ingin Tahu Seperti Apa Booth Badilag

Jakarta | badilag.mahkamahagung.go.id

Untuk kali kedua, Ditjen Badan Peradilan Agama menjadi peserta pameran Laporan Tahunan MA RI di Jakarta Convention Center. Seperti tahun sebelumnya, yang diselenggarakan di tempat yang sama, Badilag masih mengusung pemanfaatan teknologi informasi sebagai materi pameran.

Tahun 2018 lalu, Badilag menampilkan pemanfaatan aplikasi SILARA yang dikembangkan dan diaplikasikan di wilayah PTA Bandarlampung, SIANSIDI yang dikembangkan PA Purwakarta dan aplikasi E-Perkara-nya PA Tangerang.

Kali ini, di pameran yang dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Agung, Prof. Dr. H. M. Hatta Ali, S.H., M.H. Rabu siang (27/2/2019), Badilag menampilkan aplikasi yang dikembangkannya sendiri. Tapi, ide aplikasi itu tetap bersumber dari inovasi yang dikembangkan oleh pengadilan dibawahnya. Dan, pada akhirnya aplikasi ini akan diterapkan di seluruh pengandilan agama dibawahnya.

Apa saja aplikasi itu??? Yang pertama aplikasi notifikasi perkara. Berbasis data SIPP, aplikasi ini mampu memberikan notifikasi kepada pihak berperkara terkait perkembangan perkaranya. Kedua, aplikasi informasi perkara. Melalui aplikasi ini, pemberian informasi yang diajukan oleh para pihak akan diberikan secara otomatis.

Ketiga, Badilag mengembangkan aplikasi antrian sidang. Aplikasi ini sudah sudah banyak dikembngkan oleh pengadilan agama. Namun, Badilag menginginkan dengan aplikasi ini mampu lebih memberikan prediksi dan jadwal persidangan secara cepat. Pihak berperkara dapat melakukan pendaftaran antrian secara online sehingga dpat menentukan sendiri waktu kedatangan ke persidangan. Diharapkan, melalui aplikasi ini tidak terjadi penumpukan para pihak yang datang di pengadilan.

Keempat, aplikasi verifikasi data kemiskinan. Bekerjasama dengan TNP2K, aplikasi yang dapat membantu menyajikan data masyarakat miskin ini, diharapkan dapat menjadi dasar pengadilan agama dalam pemberian prodeo kepada masyarakat yang akan mengajukan perkara di pengadilan agama.

Yang kelima, aplikasi e-eksaminasi. Adalah sebuah sistem yang dapat memberikan informasi dan pemetaan terhadap kompetensi hakim dalam memeriksa dan memutus perkara. Data dari aplikasi ini dapat digunakan sebagai data awal dalam menentukan kebijakan diklat, promosi dan mutasi.

Keenam, aplikasi PNBP. Terintegrasi dengan SIPP, aplikasi ini dapat membantu pencantatan PNBP seluruh pengadilan agama secara terpusat.

Lalu apa lagi yg ada di Booth Badilag??? Dirjen, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. dari awal berkomitmen, Booth Badilag sudah tidak bersahabat lagi dengan kertas-kertas. Paperless istilah kerennya. Untuk buku tamu? Tentu saja pengunjung tidak menulis lagi di kertas buku tamu. Badilag sudah menyediakan tiga monitor sentuh sebagai medianya. Pengunjung hanya mengetik nama, jabatan dan asal instansi. Terus meng-klik tombol foto, dan secara otomatis foto dan data-data pribadi tersebut tersimpan di data pegunjung.

Informasi profil, evaluasi pemanfaatan SIPP dan informasi implementasi e-court sudah tersaji di monitor sentuh. Begitu pula informasi evaluasi website peradilan agama sudah tersaji disana. Bagi pengunjung yang ingin membaca atau men-download majalah yang diterbitkan Ditjen Badilag, pengunjung tinggal meng-klik-nya di layar monitor.

   


Media teleconference sudah tersedia juga. Dijadwalkan Ketua Mahkamah Agung akan berbicara jarak jauh terkait penerapan kebijakan Mahkamah Agung dengan 4 pengadilan agama yang telah ditunjuk. Yaitu, PA Pekanbaru, Ciamis, Surabaya dan PA Morotai di Maluku Utara.

Badilag juga menyediakan beberapa mechandise sebagai buah tangan bagi pengunjung. Untuk mendapatkannya, mudah saja. Pengunjung harus mampu menjawab pertanyaan seputar Mahkamah Agung dan peradilan agama dan mampu memasukkan bola golf. (hirpan hilmi)

sumber : badilag.mahkamahagung.go.id

Add comment


Security code
Refresh

  • Prosedur Bantuan Hukum
  • Prosedur Permohonan Informasi
  • Pengaduan

Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Tidak Mampu

posbakumMahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Selengkapnya

Tata Cara Permohonan Informasi

typo colorSecara umum tatacara memperoleh layanan informasi adalah sebagai berikut a. Prosedur Biasa; dan b. Prosedur Khusus. a. Permohonan disampaikan secara tidak langsung, baik melalui surat atau media elektronik; b. Informasi yang diminta bervolume besar; c. Informasi yang diminta belum tersedia; atau d. Informasi yang diminta adalah informasi yang tidak secara tegas termasuk dalam kategori informasi yang harus diumumkan atau informasi yang harus tersedia setiap saat dan dapat diakses publik

Selengkapnya

Syarat Dan Tata Cara Pengaduan

pengaduanSyarat dan tata cara pengaduan mengacu pada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI No. 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

Selengkapnya

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tanjung Selor
Jl. Sengkawit - Tanjung Selor
Kabupaten Bulungan
Provinsi Kalimantan Utara
Telp: 0552 - 21178
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Pengadilan Agama@2018