Logo PA Tanjung Selor

 MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

PENGADILAN AGAMA TANJUNG SELOR

Jalan Sengkawit Nomor 5 Tanjung Selor 77212

email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Telp. (0552) 21178

Written by Super User on . Hits: 401

DOWNLOAD FORMULIR KEBERATAN

A. Syarat dan Prosedur Pengajuan
1. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam  hal ditemukannya alasan sebagai berikut: 

    a. Adanya penolakan atas permohonan informasi.

    b. Tidak disediakannya informasi  yang wajib diumumkan  secara berkala.

    c. Tidak ditanggapinya permohonan informasi.

    d. Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta.

    e. Tidak dipenuhinya permohonan informasi.

    f. Pengenaan biaya yang tidak wajar dan/atau

    g. Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam Pedoman ini.

2. Keberatan ditujukan kepada Atasan PPID melalui Petugas Informasi oleh Pemohon atau kuasanya. 

 

 

B. Registrasi 

1.Petugas informasi wajib memberikan formulir keberatan kepada pemohon untuk diisi dan membantu pengisiannya jika  diperlukan.

2.Petugas  Informasi  langsung memberikan salinan  formulir  keberatan  sebagai tanda terima pengajuan keberatan.

3.Petugas Informasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam register Keberatan dan meneruskannya kepada   atasan PPID dengan tembusan   kepada  PPID dalam waktu selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan. 

 

 

C. Tanggapan Atas Keberatan 

1. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang  disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam  waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.

2. Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat: 

    a.Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan.

    b.Nomor surat tanggapan atas keberatan.

    c.Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut: 

Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan yang jelas.Membatalkan putusan PPID dan/atau  memerintahkan  PPID untuk memberikan sebagian  atau  seluruh   informasi yang   diminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat 14 (empat belas) hari kerja.

Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambat14 (empat belas) hari kerja.

Menetapkan biaya yang wajar yang dapat  dikenakan kepada  pemohon informasi

Petugas  Informasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak menerima  tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung.

3. Pemohon  yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa Informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tanjung Selor
Jl. Sengkawit - Tanjung Selor
Kabupaten Bulungan
Provinsi Kalimantan Utara
Telp: 0552 - 21178
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Pengadilan Agama@2018