Logo PA Tanjung Selor 2021

MAHKAMAH AGUNG REPUBLIK INDONESIA

DIREKTORAT JENDERAL BADAN PERADILAN AGAMA

PENGADILAN TINGGI AGAMA KALIMANTAN UTARA
PENGADILAN AGAMA TANJUNG SELOR KELAS I B

Jalan Sengkawit Nomor 5 Kelurahan Tanjung Selor Hilir, Kecamatan Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara 77212
email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. Telp. (0552) 21178, WhatsApp : 085 388 591 141

KUNJUNGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARI’AH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO KE MAHKAMAH AGUNG

KUNJUNGAN MAHASISWA FAKULTAS SYARI’AH  INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO KE MAHKAMAH AGUNG

Jakarta – Humas : Mahasiswa Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mengadakan kunjungan ke Mahkamah Agung pada hari Jumat tanggal 5 Agustus 2022 yang berlangsung sejak pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Bertempat di ruang Rapat lantai 2 Gedung Tower Mahkamah Agung, Sekretaris Kepaniteraan Mahkamah Agung Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H., bersama dengan Dr. Drs. Abdul Ghoni, S.H., M.H selaku Panitera Muda Perdata Agama Mahkamah Agung, menerima rombongan IAIN Metro tersebut.

Dalam sambutannya Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H., menyambut baik kunjungan tersebut dan berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa yakni mengetahui tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Mahkamah Agung sebagai lembaga negara. 

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Program Pendidikan Hukum Tata Negara Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Metro, Hud Leo Perkasa Maki, M.H.I., sebagai kepala rombongan menyatakan bangga dan senang dapat berkunjung ke Mahkamah Agung RI. Pada kunjungan yang diikuti oleh 88 (delapan puluh delapan) orang mahasiswa dengan didampingi oleh 4 (empat) orang Dosen pembimbing tersebut adalah dalam rangka melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Kunjungan ini merupakan upaya untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan mahasiwa tentang Mahkamah Agung serta sebagai bagian proses pembelajaran mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir (skripsi).

Di sela kegiatan sebelum penyampaian materi dilaksanakan pula tukar menukar cinderamata. Cinderamata pertama diberikan pihak IAIN Metro yang diwakili oleh Bapak Hud Leo Perkasa Maki, M.H.I., kepada pihak Mahkamah Agung yakni Bapak Dr. H. Iyus Suryana, S.H., M.H., kemudian pihak Mahkamah Agung juga memberikan cinderamata kepada pihak IAIN Metro.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Mahkamah Agung oleh Bapak Dr. Drs. H. Abdul Ghoni, S.H., M.H… Dalam paparannya disampaikan lembaga peradilan merupakan penjelmaan dari kekuasaan yudikatif (kekuasaan kehakiman) yaitu kekuasaan yang diberikan oleh UUD 1945 untuk menjalankan proses penegakan hukum dan keadilan yang bebas dan merdeka. Di Indonesia kekuasaan kehakiman dilaksanakan oleh Mahkamah Agung dan Badan Peradilan dibawahnya dalam lingkungan peradilan umum, peradilan agama, peradilan Tata Usaha Negara (TUN), peradilan militer dan Mahkamah Konstitusi. Materi yang disampaikan juga menjelaskan Tupoksi Mahkamah Agung, struktur organisasi kelembagaan, manajemen perkara pada Mahkamah Agung, persidangan dan jenis-jenis putusan.

Antusiasme mahasiswa cukup tinggi dalam kunjungan ke Mahkamah Agung. Hal ini ditunjukkan dengan munculnya beragam pertanyaan dari mahasiswa kepada narasumber sehingga diskusi dan sharing berjalan hampir 1,5 jam. Pada akhir diskusi, Bapak Dr. Drs. H. Abdul Ghoni, S.H., M.H.. memberikan semangat kepada para mahasiswa IAIN Metro sebagai generasi muda bangsa untuk terus belajar sehingga dapat memberikan kontribusi besar bagi pembangunan bangsa Indonesia khususnya di bidang hukum.

Pada akhir kegiatan kunjungan para mahasiswa diberikan kesempatan untuk observasi lingkungan Mahkamah Agung dan berkunjung ke perpustakaan Mahkamah Agung. Di perpustakaan para mahasiswa dipersilahkan untuk melihat-lihat dan mengenal koleksi pustaka yang dimiliki perpustakaan Mahkamah Agung (Humas)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tanjung Selor
Jl. Sengkawit Nomor 5
Kelurahan Tanjung Selor Hilir
Kecamatan Tanjung Selor
Kabupaten Bulungan
Provinsi Kalimantan Utara
Kode Pos 77212
Telp 1 : 0552 - 21178
Telp 2 : 0552 - 23168
Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Pengadilan Agama@2018